Sabtu, 12 Maret 2016

Pengertian chatting , fungsi dan layanan penyedia chatting

Pengertian Chatting, Kegunaannya, Serta Program/Situs Penyedia Chatting


Assalamu'alaikum Wr Wb.

Kegiatan mengobrol dengan orang lain sudah menjadi kegiatan yang wajib dilakukan untuk tetap menjaga hubungan kita akan sesama manusia, juga mempererat tali persaudaraan. Mengobrol juga bisa dilakukan dari mana saja, bisa langsung bertatap-tatapan wajah, via telepon, sms, maupun internet.

Sekarang ini, karena internet sudah sangat berkembang dengan pesat, orang-orang lebih banyak menggunakannya untuk mengobrol, atau biasa disebut Chattingan. Karena hal ini dianggap lebih mudah dan cepat untuk mengobrol dengan seseorang yang dekat maupun jauh. Dengan terhubungnya sobat akan Koneksi internet, maka sudah bisa melakukan kegiatan Chatting kapan saja dan dimana saja. Jadi apa itu chatting?

Apa Itu Chatting?

Chatting atau Internet Relay Chat (IRC) adalah fasilitas Internet yang digunakan untuk komunikasi sesama pengguna secara langsung melalui media teks. Pengguna yang ingin melakukan aktivitas chatting harus menghubungkan diri pada sebuah komputer di internet yang berperan sebagai pusat koneksi, atau biasa disebut Server IRC.

Di internet, terdapat banyak sekali komputer yang berperan sebagai IRC. Masing-masing server IRC tersebut saling mengait, sehingga seluruh pengguna yang terhubung pada komputer-komputer tersebut dapat saling berinteraksi.

Untuk melakukan chatting, sobat harus mempunyai program bantu yang mengaitkan diri pada sebuah server IRC, seperti halnya sobat melakukan penjelajahan internet menggunakan sebuah program web browser. Program bantu chatting tersebut adalah program klien IRC.

Pada perkembangannya, berbagai program IRC telah hadir dengan memiliki ciri khas masing-masing. Hal ini juga berpengaruh pada metode penggunaannya. Aktivitas chatting sekarang ini dapat dilakukan melalui beberapa metode, yaitu :
  • Melalui program klien IRC.
  • Melalui fasilitas web chat dari sebuah situs di internet.
  • Melalui program instan messenger.

Kegunaan Chatting 

Chatting berguna untuk mengobrol atau bercakap-cakap dengan seseorang yang dilakukan melalui internet dan yang pastinya dengan bantuan koneksi internet. Sama halnya seperti mengirim sebuah Sms, tetapi chatting di nilai lebih mudah dan cepat. Karena hanya butuh waktu hitungan detik untuk mengirim sebuah pesan melalui aktivitas Chatting.

Bukan hanya untuk mengirimkan sebuah pesan teks saja, karena sekarang situs/program yang menyediakan layanan Chatting sudah lebih berkembang. Jadi sobat bisa mengirimkan sebuah foto/gambar, file dokumen, suara/lagu, dan file lainnya yang didukung oleh situs/program tersebut.

Kemudahan ini dapat sobat gunakan juga untuk berinteraksi dengan pelanggan. Akan lebih cepat dan mudah.

Situs Penyedia Layanan Chatting 

Untuk sekarang ini program dan situs penyedia layanan Chatting sudah sangat beragam dan masing-masing mempunyai fitur tersendiri. Beberapa diantaranya adalah program :
  1. mIRC
  2. Yahoo! Messenger
  3. Windows Live Messenger
  4. Google Talk
  5. AIM (AOL Instant Messenger)
  6. eBuddy
  7. Facebook Messenger
  8. Hangouts
Dan situs (web) penyedia layanan Chatting beberapa diantaranya :
  1. facebook.com
  2. jojoku.com
  3. wamba.com
  4. ebuddy.com
  5. imeetzu.com

Nah, sekian sudah informasi dari saya kali ini yang membahas topik tentang Chatting. Terus kunjungi Aw-Cyber.Com untuk mendapatkan informasi terbaru setiap hari!

Semoga bermanfaat sobat.
Wassalamu'alaikum Wr Wb

Sumberhttp://www.aw-cyber.com/2015/11/pengertian-chatting-kegunaannya-serta.html

0 komentar:

Posting Komentar

Popular

Blogger templates

Blogroll

About

Buscar

Diberdayakan oleh Blogger.